Mengenal Bumbu Masak: Wijen & Minyak Wijen

Diposkan oleh Unknown on Friday, February 22, 2013

Mengenal Bumbu Masak: Wijen & Minyak Wijen -
uhuk="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji0Y3uOI8gEbj29hBrHomtQQRNgOHFQEWQXy32_HZCsy-QPfUr8gFHlLd4PWdKcpgMIcp3RKAd8LunCphl7Ie4B_fo6StgVwGhDidmB8DMl7rKi1-9PlIZMzTljwbZF7hlA_FkWWZCpODc/s1600/DSC_0295.jpg" imageanchor="1" style="clear: left; float: left; margin-bottom: 1em; margin-right: 1em;">
Bumbu dan rempah masakan ada yang berasal dari batang, bunga, biji, umbu dan akar tanaman. Salah satu bumbu yang sering digunaan untuk memasak adalah biji dan minyak wijen. Yuk kita kenali lebih dekat.

Biji Wijen/Sesame Seed (Sesamum indicum L.) banyak digunakan sebagai campuran dan bumbu masakan. Aroma wangi yang khas memberikan efek aroma gurih pada masakan terutama masakan tumisan ala oriental. Sebelum digunakan sebagai bumbu masak, biji wijen biasanya disangrai terlebih dahulu agar muncul aroma gurih khas wijen. Beberapa jenis kue, seperti onde-onde juga menggunakan biji wijen untuk taburan kulit luar kue onde-onde. 

Di pasaran dijual biji wijen hitam dan wijen putih. Selain bijinya, wijen juga diekstrak minyaknya menjadi minyak wijen yang populer sebagai bumbu masakan Asia. Minyak wijen dijual dalam kemasan botol kaca. Anda bisa membeli minyak wijen di supermarket besar. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Posts related to Mengenal Bumbu Masak: Wijen & Minyak Wijen:

0 komentar | add komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.