Perlu Rp 10 Triliun untuk Rekonstruksi Nias

Diposkan oleh Unknown on Monday, December 26, 2005

Perlu Rp 10 Triliun untuk Rekonstruksi Nias -

Medan (TEMPO Interaktif)
Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) Nias, William Sahbandar menyatakan dibutuhkan dana sebesar Rp 10 Triliun selama 4 sampai 5 tahun untuk membangun kembali Nias pasca tsunami. "Itu target yang hendak dicapai BRR Nias berdasarkan mandat,"ujarnya saat berada di Aceh mengikuti acara peringatan 1 tahun tsunami, Senin (26/12).

Menurut William, waktu 4- 5 tahun yang ditargetkan BRR Nias, itu hanya digunakan untuk meletakkan dasar rekontruksi secara benar. Sementara rehabilitasi masyarakat Nias akan terus berlangsung setelah 4 sampai 5 tahun ke depan.

Untuk pembangunan rumah, BRR Nias menargetkan pembangunan rumah sebanyak 13 ribu hingga pertengahan tahun 2007 dari 120 ribu yang ditargetkan BRR untuk pembangunan rumah di Nias dan Aceh.

Dari 13 ribu rumah yang hendak dibangun, BRR menargetkan 1.000 rumah telah dibangun hingga April 2006 dan meningkat menjadi 8 ribu rumah dalam bulan Desember 2006.
Untuk mencapai target-target BRR di Nias, perlu dilakukan upaya yang harus didukung pemerintah. Diantaranya perbaikan jalur logistik di Nias, seperti pelabuhan, jalan, dan jembatan. Kemudian Manajemen Proyek, diantaranya dengan penerapan efisiensi pelaksanaan proyek dan penuh rasa tanggung jawab. "Kalau bisa para pelaku dekat dengan lokasi,"kata William.

Hambali Batubara

Sumber: Tempointeraktif online, Senin, 26 Desember 2005

Posts related to Perlu Rp 10 Triliun untuk Rekonstruksi Nias:

0 komentar | add komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.