Makan Banyak Lemak Saat Puber Berisiko Kena Kanker Payudara

Diposkan oleh Unknown on Thursday, September 2, 2010

Makan Banyak Lemak Saat Puber Berisiko Kena Kanker Payudara -

Merry Wahyuningsih - detikHealth

img
(Foto: thinkstock)
Michigan, Pubertas merupakan masa transisi dari tubuh manusia, yang meliputi transisi organ dan juga hormon. Makan makanan kaya lemak saat pubertas ternyata berisiko tinggi kena kanker payudara.

Temuan itu berasal dari riset di Michigan State University's Breast Cancer and the Environment Research Center.

"Periode waktu pubertas sangat penting, karena pada saat ini kerangka dasar dibuat untuk pengembangan kelenjar susu," ujar Profesor Sandra Haslam, direktur pusat penelitian, seperti dilansir dari Medindia, Kamis (2/8/2010).

Menurut Prof Haslam, dari penelitian diketahui bahwa diet tinggi lemak selama masa pubertas dapat menyebabkan produksi produk peradangan di kelenjar susu orang dewasa, yang dapat meningkatkan pertumbuhan kanker.

Penelitian ini didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa hormon progesteron mengaktifkan gen yang memicu peradangan di kelenjar susu. Dan peradangan bisa menjadi faktor kunci dalam meningkatkan risiko kanker payudara.

Peneliti menemukan bahwa makan makanan tinggi lemak selama pubertas menghasilkan efek yang sama dengan penelitian progesteron sebelumnya.

"Makanan tinggi lemak saat pubertas juga dapat menyebabkan peradangan kelenjar susu," jelas Richard Schwartz, profesor mikrologi dan dekan di College of Natural Science.

Karena perubahan peradangan pertama terjadi pada saat penting, yaitu pubertas, maka masa pembangunan intensif dan pembelahan sel dapat memiliki dampak yang langgeng seumur hidup.

Untuk menguji temuan ini, Haslam dan Schwartz akan memimpin tim untuk menganalisa dua model berbeda dari kanker payudara dan efek dari diet tinggi lemak selama masa pubertas. Tim ini juga akan menguji beberapa intervensi anti-inflamasi yang dirancang untuk mengatasi dampak negatif dari makanan tinggi lemak pada peradangan.

Posts related to Makan Banyak Lemak Saat Puber Berisiko Kena Kanker Payudara:

0 komentar | add komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.