Terapis Manula Dengan Anjing Laut

Diposkan oleh Unknown on Monday, September 6, 2010

Terapis Manula Dengan Anjing Laut -

Jakarta - Tak hanya manusia yang bisa menjadi ahli terapi. Robot pun bisa melakukan hal tersebut. Bahkan, robot ini memiliki tampilan yang lucu, berbentuk anjing laut dan berbulu putih salju.

"Ketika kamu memanggilnya, ia akan membuka mata dan melihat sekitar," tukas salah satu penghuni panti jompo Toyoura di Tsukaba, Jepang, ketika menilai robot bernama Paro tersebut.

Paro dikembangkan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) dan telah tercatat oleh Guinness World Records sebagai robot
terapis terbaik sedunia pada tahun 2002.

AIST yang saat itu sedang mengamati 13 pasien yang kebanyakan dari mereka menderita amnesia menemukan bahwa pada umumnya mereka merasa lebih baik setelah bermain dengan teman mekanik dan mengalami peningkatan hormon yang terdeteksi melalui urine mereka.

Sementara di rumah perawatan lainnya, robot anjing laut tersebut tidak hanya membantu delapan pasien untuk lebih banyak berbicara, tetapi juga membantu dalam berbagai macam kegiatan para lansia. Topik seperti gosip dan penyakit yang semula sering diperbincangkan para pasien dan perawat kini berubah dengan obrolan lucu mengenai Paro.

Paro pun harus bekerja ekstra. Semula ia hanya dihidupkan selama 15 menit, namun kini ia akhirnya diaktifkan selama 1 jam per hari.

Para peneliti AIST juga menunjukkan dengan adanya Paro sebagai terapis, gangguan gelombang otak pada penderita amnesia dan jumlah pasien yang sering berkeliaran berkurang. Yang akhirnya juga dapat mengurangi beban kerja perawat.

Dikutip detikINET dari Asahi, Senin (6/9/2010), dilengkapi dengan kecerdasan buatan, Paro mampu merspons secara berbeda setiap kali disapa. Ia mampu mengingat gerakan apa saja yang membuat majikannya senang. Paro sendiri mulai diciptakan dan diteliti sejak 1996 dan mulai dipasarkan sejak 2005.

"Paro belajar dari pengetahuan dan pengalaman orang-orang yang bermain dengannya. Ia juga memberikan makna lebih pada setiap gerakan," tandas Takanori Shibata yang memimpin proyek robot tersebut.

Selain di Jepang, penggunaan Paro sebagai terapis juga digunakan oleh Denmark. Negara tersebut rupanya telah memanfaatkan kehebatan Paro sejak November 2008 dan berencana untuk memperkenalkan 1.000 unit robot yang sama untuk membantu pemulihan para lansia dengan bantuan sebuah organisasi non-profit setempat.

Title : Terapis Manula Dengan Anjing LautSEOer Mendem5
URL : http://seomendem.blogspot.com/2010/09/terapis-manula-dengan-anjing-laut_6.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Terapis Manula Dengan Anjing Laut ini jika bermanfaat bagi sobat.

Posts related to Terapis Manula Dengan Anjing Laut:

0 komentar | add komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.