250 Tank Turki Banjiri Perbatasan Suriah

Diposkan oleh Unknown on Friday, October 12, 2012

250 Tank Turki Banjiri Perbatasan Suriah -
Foto : Tank Turki (AP)
Foto : Tank Turki (AP)
ANKARA - Usai melegalkan aksi serangan ke Suriah, Angkatan Bersenjata Turki mengerahkan 250 tank dan artileri di wilayah perbatasannya dengan Suriah. Tindakan itu sengaja dilakukan Turki guna mengamankan wilayah perbatasannya.

Seperti diberitakan Huriyet, Jumat (12/10/2012), tindakan itu tidak dilakukan dengan lantaran menyiapkan serangan militer ke wilayah Suriah. Hal ini merupakan realisasi dari ucapan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan yang memang ingin mempersiapkan militernya untuk sebuah perdamaian.

Selain tank, Turki juga sudah mengarahkan sistem pertahanan misil Eropa yang ada di basis milier Kurecik di Kota Malatya, ke Suriah. Tindakan itu dilakukan Turki atas persetujuan North Atlantic Treaty Organization (NATO).

Turki mulai menunjukkan sikap agresifnya, usai peluru mortar Suriah menghantam wilayah Turki dan menewaskan lima orang warga sipil. Insiden itu turut dibalas oleh serangan artileri dari Turki

Kedua negara yang sempat bersahabat itu tak henti-hentinya melontarkan kecaman satu sama lain. Di saat Turki menyarankan agar Presiden Suriah Bashar al-Assad digantikan dengan wakilnya, Farouk al-Sharaa, yang merupakan politisi Sunni, Suriah langsung berang.

Suriah menilai, Turki tidak pantas mengutarakan komentar itu, karena Turki bukan lagi Kesultanan Turki Utsmani. Turki sudah tidak memiliki wewenang untuk mengatur Damaskus, Mekkah, Kairo dan Yerusalem.

Posts related to 250 Tank Turki Banjiri Perbatasan Suriah:

0 komentar | add komentar

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.